Demikian juga dalam hal detergen dan pewangi. Puluhan produsen detergen menawarkan pembersih dengan sekali kucek, sekali bilas misalnya pakaian sudah bersih. Termasuk pewangi, banyak sekali tersedia mulai di supermarket hingga di warung-warung kecil.
Lantas apa yang membedakan antara mencuci di laundry dan di rumah sendiri? Di sinilah, pengelola laundry harus pandai-pandai membuat hal-hal yang berbeda. Diferensiasai, demikian istilah marketingnya. Tanpa diferensiasi, laundry kita akan berjalan biasa-biasa saja, karena layanan yang biasa-biasa itu.
Perbedaan ini bisa diberikan dalam beberapa hal. Seperti kemasan, parfum serta kecepatan layanan. Kita harus menentukan parfum khas laundry kita yang berbeda dengan laundry yang sudah ada. Demikian juga dalam standar waktu layanan harus ditentukan. Bisa dua hari, satu hari kelar atau bahkan beberapa jam.
Umumnya, jasa laundry memberikan pelayanan dua hari untuk layanan biasa dan pelayanan ekspres selama empat jam hingga satu hari. Tarif ekpress biasanya lebih mahal ketimbang tariff normal. Nah ke depan, nampaknya harus bisa dilakukan, sehari (one day) kelar tanpa tambahan tarif.
Terkait pemilihan detergen, yang penting bisa membersihkan, termasuk noda yang dianggap sulit, seperti tinta, noda darah, getah bahkan oli. Selain hanya membersihkan, harus dihitung nilai ekonomisnya. Karena ini bisnis, sebisa mungkin mencari yang termurah meski tidak bermerek.
Kini banyak sekali produsen yang menawarkan perlengkapan detergen dan pewangi laundry termasuk di internet. Coba sesekali searching di Google, kata detergent laundry, puluhan ribu iklan akan terpampang di sana.
Namun jangan terjebak. Semua iklan pasti mengatakan prodaknya nomor wahid. Maka dalam memilih detergen dalam iklan ini, ada baiknya dicek langsung dan kalau perlu meminta tester terlebih dahulu sebelum membali. Penjual melalaui internet, biasanya hanya melayani batas minimal pembelian yang tak minim.
Misalnya, lima karton, 10 karton atau 5 liter hingga 10 liter pewangi plus biaya kirim ditanggung pembeli. Beruntung bila memang pas dengan kualitas yang dijanjikan. Bila tidak, perlengkapan yang kita beli dengan harga tak murah itu akan mubadzir. Akhirnya, tujuan kita ingin mengirit biaya produksi, malah sebaliknya menjadi boros.
Dengan kondisi demikian, ada baiknya kita bertanya kepada yang sudah berpengalaman meski harus bayar. Tak ada salahnya, demi sebuah kualitas yang itu sama artinya dengan sebuah keuntungan di kemudian hari saat pelanggan kita berdatangan mencari laundry kita. (*)
besok pilih yang kek gitu ah
BalasHapus