Rabu, 25 Juni 2014

Promosi Usaha Laundry Kiloan

Langkah berikutnya dalam menjalankan setiap usaha adalah promosi. Tujuan promosi, untuk memperkenalkan produk atau jasa yang disediakan melalui berbagai media. Keberhasilan usaha, salah satunya dapat ditentukan dengan promosi yang tepat. Promosi bisa dilakukan melalui berbagai media yang penting tujuan promosi yakni menarik calon pelanggan tercapai.

1. Media Massa


Karena media massa, terutama koran banyak dibaca orang tentu akan sangat efektif dalam menjaring calon pelanggan. Bentuk iklan bisa disesuikan kemampuan anggaran, bisa mengambil iklan kolom, iklan baris atau iklan adventorial.

Harus diperhatikan dalam memilih media yang akan dipasang iklan. Untuk usaha laundry yang masih kecil, cukup menggunakan Koran local yang jangkauannyapun local juga. Namun bila sudah dirasa besar tidak ada salahnya menggunakan media massa regional atau nasional. Asal anggarannya sesuai dengan kemampuan, jangan sampai “besar pasak daripada tiang”

Di samping media massa berupa Koran, kini sudah banyak sekali pengguna internet. Maka tak ada salahnya bila sesekali menggunakan internet untuk mengiklankan jasa laundry. Kelebihan internet relative lebih murah juga tidak dibatasi oleh wilayah dan tidak membatasi segmentasi calon pelanggan yang akan dituju.

2. Brosur dan Pamflet

Iklan dalam bentuk pamflet atau brosur harus dilakukan secara kontinyu. Misalnya, seminggu sekali, sebulan sekali atau waktu tertentu sesuai kebutuhan. Pamflet bisa dipasang di tempat-tempat keramaian, seperti masjid, kampus, kantin atau perumahan-perumahan bahkan kamar koskosan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam promosi, tonjolkan manfaatnya terlebih dahulu dan jangan harga. Pamflet atau brosur harus dibuat semenarik mungkin dengan warna yang mencolok. Jangan sesekali memuat janji-janji yang tidak mungkin ditepati, karena akan member harapan terlalau tinggi kepada para pelanggan.

Buatlah iklan sejujur mungkin namun tetap menarik dengan penggunaan kata-kata yang menyihir. Soal kata-kata kita belajar dari mana saja termasuk kata-kata iklan di televisi, tetapi jangan sampai menjiplak persis.

3. SMS/BBM

Di zaman modern ini, hampir semua orang menggunakan handphone. Maka tak ada salahnya jasa laundry anda dipromosikan melalaui SMS. Apalagi, kini banyak operator yang member layanan SMS gratis.

Promosi SMS sangat tepat dilakukan dalam even-even tertentu untuk memberikan discaount. Misalnya, momen hari-hari besar, seperti lebaran, natal, sebaiknya semua pelanggan dikirim SMS berisi discount mencuci 20-30 persen. Di sinilah manfaat kita memiliki database para pelanggan yang terdokumentasi dalam buku daftar pelanggan.

Hal yang sama bisa dilakuakn melalui facebook, twetter dan blog serta jejraing sosial lainnya di internet. 

4. Datangi Berbagai Instansi

Beberapa perusahaan tidak membiarkan karyawannya mencuci pakaian seragam kerja sendiri-sendiri. Tetapi diserahkan kepada laundry yang dianggap menjamin kualitas hasil cucian. Untuk instansi demikian, meskipun kita menyediakan jasa laundry kiloan, tak ada salahnya menerapkan tarifsatuan, plus plastic dan gantungan baju. Selain menjamin kualitas cucian dan strikaan, secara marjin akan lebih tinggi dibanding dengan pemberlakuan tarif kiloan.

Ada baiknya, kita juga menawarkan jasa laundry ke hotel-hotel dan tempat-tempat kecantikan seperti salon dan penyedia spa. Hotel-hotel tertentu –meski sudah memiliki bagian laundry—mereka masih menggunakan jasa laundry dari luar hotel

Demikian juga untuk penyedia salon dan spa, mereka memerlukan handuk dan kain yang setiap ada pelanggan harus kering. Jadi kebutuhan terhadap layanan laundry yang cepat mereka juga sangat membutuhkan.

5. Kerjasama

Caranya kita bisa menghubungi pengelola usaha yang bergerak dalam bidang yang berbeda. Seperti koperasi mahasiswa (kopma), warnet, boutiq, rumah makan bahkan foto copian. Umumnya di lokasi kampus, jenis usaha di atas sangat menjamur.

Promosi kerjasama itu, dengan memberikan discount khusus kepada pengguna warnet atau jasa lainnya melalaui selembar voucher. Di sini akan ada hubungan yang saling menguntungkan. Pemilik warnet hanya memberikan vocher dari jasa laundry dan dia akan mendapat keuntungan dari pengunjung yang ingin discount laundry. Tantu saja calon pelanggan harus mengakses warnet terlebih dahulu, baru diberi voucher discount.

6. Merekrut Agen

Fungsi agen ini, untuk mengumpulkan lebih banyak order dari berbagai tempat juga lebih mendekatkan kepada calon pelanggan laundry. Dalam memilih agen harus selektif. Usahakan memilih orang yang jujur atau sudah sangat dikenal. Lokasi agen terserah di mana saja, meski sebaiknya di lokasi yang strategis yang memungkinkan pelangan laundry berdatangan.

Sebaiknya, pola kerjasama dengan agen dilakukan melalui perjanjian hitam di atas putih. Ini berguna bilamana suatu saat terjadi perselishan. Sedangkan pola pembagian keuntungan dengan agen sangat sederhana. Agen diberi keuntungan 20-30 persen dari omzet pencucian. Terserah kesepakatan juga, pembagian apakah setiap ada transaksi atau diakumulasi dalam seminggu atau sebulan.

Untuk memperlancar kerja agen, masing-masing dibekali timbangan, spanduk dan nota dan buku catatan kecil. Lantas bila sudah ada order, petugas agen memberi tahu kepada petugas antar jemput, atau sebaliknya, petugas dijadwal untuk keliling setiap pagi atau sore ke semua agen untuk mengecek order cucian. Sedangkan waktu pengembalin, minimal sama dengan standar waktu pengambilan di pusat pencucian. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar