JURAGANLONDRY – Maraknya penyedia marketplace memudahkan calon pembeli online untuk mencari dan memesan barang yang dibutuhkan. Kemudahan pencarian secara online didukung dengan tampilan, kecepatan web bersangkutan. Calon pembeli juga mudah membandingkan produk baik dari sisi harga, kualitas ataupun layanan lainnya.
Saya ingin membandingkan layanan penyedia jualan online di Indonesa yang cukup ternama. Yakni Lazada, BukaLapak dan Tokopedia. Setidaknya saya sering belanja di toko ini sehingga bisa membandingkan layanannya yang saya alami.
Ketiga marketplace ini tentu ada perbedaan. Untuk Lazada, mereka memiliki toko tersendiri yang mereka menamakan Lazada Mall. Artinya mereka punya stok barang sendiri, dikemas sendiri dan dijual langsung. Di samping itu, Lazada juga memiliki seller yang direkrutnya, dengan persyaratan yang ditentukan sehingga bisa jualan di mana Lazada sebagai perantara.
Untuk Bukalapak dan Tokopedia, website ini murni hanya menampung penjual, sementara Bukalapak dan Tokopedia memfasilitasi alat jual beli, rekening, pembayaran dan penarikan uang dari pembeli. Untuk saat ini, Bukalapak dan Tokopedia juga sama-sama jualan Tiket Kereta Api, pulsa listrik dan pulsa data.
Berikut ini yang ingin saya bandingkan.
1. Kemudahan Aplikasi dan Web.
Berdasarkan pengalaman selama ini, baik Lazada, Tokopedia dan Bukalapak, sangat mudah digunakan. Loading cepat dan tidak membingungkan saat tracking barang-barang yang dibutuhkan. Hanya saja untuk Lazada, sering kali tertukar, antara LAZADA.CO.ID dengan LAZADA.COM. Yang di Indonesia adalah LAZADA.CO.ID.
2. Variasai produk dan harga.
Untuk variasi produk dan harga, ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk produk-produk terbaru, Lazada nampaknya lebih unggul, terutama barang-barang yang dikirim dari luar negeri. Untuk harga juga sangat bersaing terutama barang-barang asal China. Hanya saja di LAZADA tidak ada barang bekas.
Hal yang sama untuk BukaLapak dan Tokopedia. Variasi barang memang punya kelebihan tersendri. Ini mungkin karena sellernya yang sangat banyak, sehingga produk2 cukup banyak juga. Apa yang sulit ditemukan di LAZADA, sangat mudah ditemukan di BUKALAPAK atau TOKOPEDIA, juga bisa sebaliknya. Baiknya lagi, BukaLapak dan Tokopedia, menyediakan barang bekas.
3. Proses Verifikasi Transfer Dana Pembelian.
Baik Lazada, Tokopedia dan BukaLapak, untuk verifikasi dana pembelian sangatlah cepat. Tidak usah verifikasi manual, mesin secara otomatis mendeteksi.
Hanya saja khusus bagi pembelian di BukaLapak, biaya kelebihan dari dana yang harus di trasfer cukup besar. Saya pernah membeli barang Rp300.000 ongkir Rp68.000. Ternyata dana yang hars ditranfer lebih Rp7000 dari total pembelian dan ongkir. Di pemberitahuan tagihan yang masuk pada email, jika tidak tranfer sesuai angka tercantum, menyulitkan verifikasi.
Hemast saya, kalaupun ada kelebihan dana untuk mendeteksi transaksi seseorang, janganlah terlalu besar. Cukup hitungan ratusan rupiah saja atau menyediakan kolom khusus mislanya untuk biaya admin atau biaya lainnya yang memang diketahui saat nge-tag barang yang diinginkan.
4. Kirim Barang
Pada prinsipnya, pengiriman di tiga marketplace ini kembali pada seller masing-masing. Menjadi catatan saya, untuk beberapa pembelian di LAZADA, seringkali tidak dikirim pada hari saat pemesanan, padahal menggunakan tarif ongkir paling cepat. meskipun bukan yang dikirim dari luar negeri. Tertulis “pengiriman sedang diproses” memakan waktu berhari-hari, walaupun masih dalam skala SOP yang ditentukan.
Untuk BukaLapak dan Tokopedia, karena sellernya pribadi-pribadi, yang saya alami, sangat cepat sekali dalam pengiriman. Rata-rata hari itu juga barang dikirim, tidak menunggu esok hari. Kecuali misalnya hari minggu atau hari libur yang ekspedisi di kota bersangkutan tidak ada yang buka.
Mungkin ini karena seller pribadi-pribadi, mereka merasakan, semakin cepat barang sampai pada pembeli. Itu artinya semakin cepat pula dana bisa ditarik. Untuk biaya kiriman, di Lazada banyak sekali produk gratis ongkos kirim. Sedangkan di Bukalapak dan Tokopedia, untuk mendapat ongkir gratis harus menunggu program.
5. Komplain Pembelian
DI lazada, respon terhadap pertanyaan atau komplaian pada chat yang tersedia sangat cepat. Hanya saja, jawabannya standar. Misalnya, silahkan cek pemesanan, mohon sabar dan tunggu. Mungkin ini karena yang jawab operator tersenduri, yang adakalanya tidak mengetahui posisi pengiriman barang pesanan. Sehingga jawaban yang didapat tidaklah memuaskan.
Sementara di Tokopedia dan BukaLapak, untuk tanya atau komplaian pada seller, langsung direspn oleh penjualnya. Sehingga tahu kondisi barang sedang di mana misalnya barang masih packing atau kirim telat.
Perbandingan di atas, hanyalah pengalaman saya sendiri dan sifatnya kasuistis. Tentu saja orang lain bis amengalami hal yang sama atau berbeda, apakah yang menyenangkan ataupun sebaliknya. Namun secara umum, belanja pada tiga marketplace ternama di tanah air ini bagi saya sangat memuaskan.
Kuncinya, pilih barang harus betul-betul teliti. Kalau perlu banding-bandingkan dengan marketplace yang lainnya, termasuk pada website produsen produk tersebut. Sehingga kita akan mendapat harga terbaik dan mendapat barang yang sesuai dengan apa yang diharapkan. (*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar