JURAGAN LONDRY – Sebagai pebisnis, anda pengusah laundry perlu juga memikirkan pasar potensial jasa laundry. Setidaknya ini akan memberi fokus garapan, sehingga memberikan hasil maksimal baik dari sisi keuntungan maupun omzet.
Berikut ini dua pasar potensial untuk jasa laundry kiloan. Pertama, pasar laundry rumah tangga. Semua orang pasti akan mencuci baju, termasuk rumah tabgga. Rumah tangga kecil misalnya yang terdiri dari suami, isteri dan dua anak, jika mencuci satu minggu sekali bisa mencapai 20-50 kg. Itu artinya pasar ini sangat potensial.
Saat ini banyak yang enggan menyediakan pembantu di rumah. Untuk urusan cuci mencuci diserahkan kepada jasa laundry. Mereka berfikir, kalau nyewa pembantu harus ditanggung berbagai kebutuhan hidupnya, kalau cuma mencuci di laundry, hanya bayar jasa laundry, seminggu sekali atau sesuai banyaknya pakaian yang dicuci.
Kedua pasar kos-kosan. Umumnya Koskosan identik dengan permukiman yang dihuni para mahasissa atau pelajar. Namun jangan salah, koskosan juga sangat besar di lokasi industri juga seputar pusat perbelanjaan. Mereka merupakan orang-orang sibuk, baik para mahasiswa, pelajar atau para karyawan.
Ini pasar yang angat besar. Berilah pelayanan memuaskan atau sesekali memberikan discount khusus buat mereka. Misalnya, discount akhir bulan, atau tengah bulan. Jika satu kamar seminggu 5 kg, kita dapat melayani 20 kamar saja per akhir pekan, kita sudah tidak lagi memikirkan pelanggan.
Cuma memang, jika punya pelanggan para karyawan pakaian harus siap di akhir pekan. Biasanya, pakaian masuk mulai juamat tau Sabtu sore dan harus dikirim kembali minggu malam untuk digunakan esok hari senin.
Kalau cuma dua orang atau tiga orang tidak masalah. Bagaimana kalau 10-20 orang dengan masing-masing 10 kg misalnya, sedangkan pakaian harus diantar dalam waktu yang sama, minggu malam. Ini artinya memaksa anda harus ekstra kerja di akhir pekan.
Salah satu solusinya, coba beri iming-iming discount. Pelanggan yang memasukkan pakaian Selasa atau Rabu akan mendapat discount khusus. Ini untuk mengurangi penumpukan pakaian di akhir pekan.
Nah itu tadi pasar potensial laundry ritel yang mungkin bisa anda garap secara maksimal. Buatlah penawaran yang menarik bagi pasar ini sehingga anda akan mendapat pelanggan tertarget dan memberikan omzet usaha laundry yang anda inginkan. Selamat mencoba(*)
Berikut ini dua pasar potensial untuk jasa laundry kiloan. Pertama, pasar laundry rumah tangga. Semua orang pasti akan mencuci baju, termasuk rumah tabgga. Rumah tangga kecil misalnya yang terdiri dari suami, isteri dan dua anak, jika mencuci satu minggu sekali bisa mencapai 20-50 kg. Itu artinya pasar ini sangat potensial.
Saat ini banyak yang enggan menyediakan pembantu di rumah. Untuk urusan cuci mencuci diserahkan kepada jasa laundry. Mereka berfikir, kalau nyewa pembantu harus ditanggung berbagai kebutuhan hidupnya, kalau cuma mencuci di laundry, hanya bayar jasa laundry, seminggu sekali atau sesuai banyaknya pakaian yang dicuci.
Kedua pasar kos-kosan. Umumnya Koskosan identik dengan permukiman yang dihuni para mahasissa atau pelajar. Namun jangan salah, koskosan juga sangat besar di lokasi industri juga seputar pusat perbelanjaan. Mereka merupakan orang-orang sibuk, baik para mahasiswa, pelajar atau para karyawan.
Ini pasar yang angat besar. Berilah pelayanan memuaskan atau sesekali memberikan discount khusus buat mereka. Misalnya, discount akhir bulan, atau tengah bulan. Jika satu kamar seminggu 5 kg, kita dapat melayani 20 kamar saja per akhir pekan, kita sudah tidak lagi memikirkan pelanggan.
Cuma memang, jika punya pelanggan para karyawan pakaian harus siap di akhir pekan. Biasanya, pakaian masuk mulai juamat tau Sabtu sore dan harus dikirim kembali minggu malam untuk digunakan esok hari senin.
Kalau cuma dua orang atau tiga orang tidak masalah. Bagaimana kalau 10-20 orang dengan masing-masing 10 kg misalnya, sedangkan pakaian harus diantar dalam waktu yang sama, minggu malam. Ini artinya memaksa anda harus ekstra kerja di akhir pekan.
Salah satu solusinya, coba beri iming-iming discount. Pelanggan yang memasukkan pakaian Selasa atau Rabu akan mendapat discount khusus. Ini untuk mengurangi penumpukan pakaian di akhir pekan.
Nah itu tadi pasar potensial laundry ritel yang mungkin bisa anda garap secara maksimal. Buatlah penawaran yang menarik bagi pasar ini sehingga anda akan mendapat pelanggan tertarget dan memberikan omzet usaha laundry yang anda inginkan. Selamat mencoba(*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar